Jumat, 15 April 2011

Setting Modem ADSL Linksys AM300 Untuk Speedy

Untuk spesifikasi port di AM300 sama dengan modem ADSL standar yakni 1 Port LAN, 1 Port USB dan 1 Port DSL line. Memang sengaja dipilih yang modem-only, tanpa router. Karena tugas routing sudah di handle Mikrotik. Akhirnya dengan darah dan airmata (hiperbola banget…) berhasil juga migrasi ke modem ini. Langkah-langkah yang saya lakukan :
  1. Tancep kabel LAN bawaan dari paket modem ke laptop ato PC, kalo ga mau pake LANnya bisa juga pake USB. Untuk USB harus install driver dulu dari CD paket modemnya.
  2. Tunggu sebentar dan biarkan DHCP modem bekerja dan memberi alamat pada komputer anda. Kalau gagal dapat IP berarti DHCPnya ga jalan. Ganti dengan manual dan set IP komputer jadi 192.168.1.2. Netmasknya 255.255.255.0 sedangkan untuk gateway sementara boleh ga diisi.
  3. Buka browser dan masukkan alamat http://192.168.1.1
  4. Tunggu interface web untuk management modem terbuka lalu set seperti gambar berikut ini :
    basic-setup
    Menurut pengalaman saya antar modem-modem ADSL yang tersedia dipasaran biasanya settingannya ngikut default aja. Nah yang utama disetting oleh para teknisi tuh adalah Encapsulation, VPI dan VCI. Ni berbeda-beda di masing-masing coverage area Telkom Speedy. Untuk settingannya dimasing-masing daerah bisa di baca di bagian akhir artikel. Jadi settingan di sini khusus untuk modem ADSL Linksys AM300 dan wilayah saya itu di Yogyakarta.
  5. Biarkan modem reboot sesaat lalu cek dibagian status. Kalau semua beres dan sudah UP berarti settingan anda sukses. Coba cek dibagian bawah yang ‘Internet’ apakah modem sudah mendapatkan IP dari Telkom atau belum. Kalau belum connect silahkan klik button connect.
  6. modem-status
  7. Klo mau DHCP bisa diset pada bagian bawah basic-setup bisa di atur alamat DHCP servernya. Setelah menggunakan DHCP anda tidak perlu lagi mengeset IP secara manual di komputer anda. Ganti setting ke Automatic dan biarkan modem memberikan anda IP secara otomatis.
    setup-dhcp
Ni Referensi dari blog Bung Harry Chan Putra (Salam bang…) untuk settingan Encapsulasi, VCI dan VPI untuk Telkom Speedy di berbagai daerah di Indonesia
A. Jakarta
1. Untuk DSLAM buatan Alcatel-Lucent (France)
Encapsulation = PPPoA • VPI = 8 • VCI = 35
Sumber Info: [1]
2. Untuk DSLAM buatan Huawei Technologies Co Ltd (China)
Encapsulation = PPPoE • VPI = 0 • VCI = 35
Sumber Info: [1]
3. Untuk DSLAM buatan Siemens AktienGesellschaft (Germany)
Encapsulation = PPPoA • VPI = 1 • VCI = 33
Sumber Info: [1]
B. Sumatra, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Bali, Kalimantan, Sulawesi
1. Untuk DSLAM buatan ZTE (ZhongXing Telecommunication Equipment Co Ltd)(China)
Encapsulation = PPPoE • VPI = 8 • VCI = 81
Sumber Info: [1]
2. Untuk DSLAM buatan Huawei Technologies Co Ltd (China)
Encapsulation = PPPoE • VPI = 0 • VCI = 35
Sumber Info: [1]
Catatan :

Menanggapi banyaknya keluhan tentang susahnya koneksi PPoE atau trouble lainnya kebetulan kemarin saya dapat masukan dan info dari temen saya pooh_male, yg katanya udah 2x tukar modem AM300 dan tetap ga bisa konek ke Speedy. Sumber masalahnya ternyata ada di firmware seperti telah dibahas di http://opensource.telkomspeedy.com/forum/viewtopic.php?pid=33952 . Setelah di upgrade firmwarenya ternyata masalah koneksi dapat teratasi. Kebetulan untuk modem AM300 yang saya miliki semuanya sudah dgn firmware terbaru, itu sebabnya saya tidak mengalami masalah serupa. Jadi dengan ini saya ingin meneruskan info dari teman saya ini, siapa tau dapat membantu teman2 yg mengalami masalah serupa. All credit goes to : pooh_male, thx uda share ilmu dgn saya.
Berikut screenshot web interface yang menunjukkan firmware modem :
(Posisi info firmware di pojok kanan atas).
firmware-adsl


By : Mas Angga...........^_^

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Komentar Di sini............!!!!!!!